Gambar Kegiatan Observasi di Suzuki Mobil

Lurr… pernah ndak sih kamu manasin mobil asal “Tek.. Jreng.. Lalu tancap gas.. Nger.. Nger..”. Eeiits… itu cara yang cukup menyedihkan lur… Supaya mobil kamu awet simak nih saya mau bagi bagi tips cara panasin mobil sebelum siap kamu bawa cus pergi bareng gebetan kamu…

Sebelumnya kita pasti sudah tahu memanaskan mesin mobil sebelum digunakan merupakan hal yang lazim dilakukan pengendara. Memanaskan mesin menjadi hal yang ‘wajib’ sebelum Anda mengendarai mobil. Tujuannya untuk menjaga performa mesin dan keawetan komponen atau part mobil selama pemakain. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tips cara memanaskan mesin mobil yang baik, langkahnya sebagai berikut:

Perhatikan waktu memanaskan mesin

Memanaskan mesin mobil sangat relatif, ini disesuaikan dengan teknologi mesin yang dipakai masing-masing mobil. Ada yang cepat, ada pula yang membutuhkan waktu cukup lama. Contohnya mobil yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi, kamu tak perlu terlalu lama memanaskannya. Hanya butuh waktu sekira 30 detik hingga 1 menit. Jika terlalu lama, justru akan membuang bahan bakar sia-sia.

Tidak perlu injak pedal gas terlalu dalam

Saat memanaskan mesin mobil, dianjurkan Anda tak menginjak gas terlalu dalam .hal ini dikarenakan sirkulasi oli di dalam mesin belum 100% melumasi semua komponen mesin. Cukup injak gas pada kondisi idle di 1200 – 1500  rpm.

Matikan perangkat yang tidak digunakan

Ketika memanaskan mesin, usahakan perangkat yang tidak digunakan dimatikan (contoh ac, radio dll ). Dan perangkat yang paling berat adalah AC Sebab jika menyalakan AC saat suhu mobil belum mencapai titik normal, ini malah akan membebani atau memperberat performa mesin. Dikarenakan kompresor AC juga ikut berputar.

Panaskan mobil di ruang terbuka

Eiits..jangan lupa hal ini juga ya dulur. Kalau kamu memanaskan mobil di garasi, sebaiknya buka terlebih dulu pintu  garasi tersebut. Tujuannya agar dalam ruangan ada sirkulasi udara untuk gas buang yang berasal dari knalpot mobil.  Kalo hal ini lupa, bisa-bisa pingsan digarasi nih.. hehe..

Perhatikan rem tangan (hand rem)

Pastikan rem tangan mobil kamu aktif. Ini bertujuan mencegah risiko mobil meluncur dengan sendirinya. Terutama bila posisi mobil berada di kontur jalan yang tidak rata.

Kira-kira begitu lur, setelah itu mobil bisa kamu tancap sama si do’i. Semoga bermanfaat tips ini ya..

Kontributor:

Naufal Fatahuddin Maharditya

Mahasiswa Semester 5 Reguler A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *