Visi

Program Studi yang Unggul, Inovatif, Kontributif yang Menghasilkan Tenaga Pendidik Profesional di Bidang Vokasional Teknik Mesin Otomotif, Technopreneur, dan Bereputasi Internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas, menghasilkan tenaga pendidik profesional di bidang teknik mesin otomotif, technopreneurship, yang bereputasi internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkonstribusi kepada pengembangan akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi  di kancah nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan tata kelola organisasi program studi yang baik, mengembangkan kelembagaan dan meningkatkan kualitas SDM dan sarana prasarana.
  4. Membangun jejaring nasional dan internasional untuk memperluas dan memperdalam kerja sama dalam pengembangan akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Profil Lulusan

NoProfil LulusanDeskripsi Profil
1Tenaga Pendidik pada pendidikan vokasionalPendidik pada lembaga pendidikan formal yang menguasai keilmuan dan pengembangan teknologi di bidang vokasional teknik mesin otomotif yang memiliki karakter unggul, profesional, kontributif dan inovatif.
2Instruktur bidang vokasional teknik mesin otomotifInstruktur di lembaga pelatihan pendidikan atau industri yang menguasai keilmuan dan pengembangan teknologi di bidang vokasional teknik mesin otomotif yang memiliki karakter unggul, profesional, kontributif dan inovatif.
3TechnopreneurTechnopreneur bidang otomotif yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik yang dapat berperan dalam dunia usaha kreatif bidang otomotif dengan mengedepankan inovasi dengan memanfaatkan teknologi terkini sehingga mampu berkontribusi dalam perkembangan teknologi otomotif baik nasional maupun global

Keunikan Program Studi

NoKeunikan ProdiDeskripsi
1Mencetak Calon Asesor Kompetensi Bidang Teknologi OtomotifCalon asesor kompetensi adalah personel yang telah memiliki beberapa persyaratan wajib untuk memperoleh lisensi atau sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga nantinya dimungkinkan berwenang melakukan asesmen terhadap para asesi. Lulusan dari Pendidikan Vokasional Teknik Mesin konsentrasi Otomotif diwajibkan memiliki sertifikat Uji Kompetensi berstandar nasional dari BNSP, dimana sertifikat tersebut menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang Asesor Kompetensi.